Thursday, 21 November 2019

Dewi Fortuna Menjauh, PSS Sleman Diungguli Tamunya Borneo FC

Rabu, 20 November 2019 — 20:52 WIB
Foto: Instagram @borneofc.id

Foto: Instagram @borneofc.id

JAKARTA – Borneo FC tampol gemilang dalam laga tandang melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (20/11/2019).  PSS Sleman sebenarnya unggul dalan penguasaan bola, bahkan memiliki dua peluang emas, namun dua-duanya membentur tiang gawang.

Dengan hasil pertandingan partai lanjutan Liga 1 ini, Borneo mendapat tambahan tiga poin, sehingga langsung melonjak ke urutan kedua klasemen sementara, dengan poin 45. Adapun PSS saat ini berada di peringkat ketujuh dengan 40 poin dari 28 pertandingan.

Gol kemenangan Borneo tercipta pada babak pertama oleh Javlon Guseynov menit 7. Pasukan dari Kalimantan Timur ini mampu mempertahankan keunggulan gol, meski harus menghadapi gempuran terus-menerus dari PSS.

PSS yang bermain di hadapan pendukung sendiri mencoba mengambil inisiatif serang sejak menit awal babak pertama. Namun, mereka justru dikejutkan dengan gol cepat tim tamu pada menit ke-7.

Berawal dari tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan PSS Sleman. Bola meluncur menuju kotak penalti dan disapu secara tidak sempurna oleh salah satu pemain PSS. Namun malah mengarah ke kaki Javlon Guseynov  yang langsung mencocor  hingga mengoyak  gawang PSS yang dijaga Try Goentara.

PSS langsung mengurung pertahanan Borneo. Peluang terbaik didapatkan PSS pada menit ke-21 ketika Haris Tuharea lolos dari penjagaan pemain Borneo. Haris berlari hingga memasuki kotak penalti dan melepaskan sepakan mengarah ke gawang.

Sayang, karena sepakannya terlalu lemah, bola bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper Borneo, Gianluca Pandeynuwu. Hingga menjelang turun minum, PSS terus membombardir lini pertahanan Borneo. Poin 0-1 bertahan hingga turun minum.

Ketika bebak kedua dimulai,  pelatih PSS, Seto Nurdiantoro, langsung melakukan perubahan.  Pemain spesialis pengganti  Kushedya Hari Yudo dimasukkan ,  menggantikan pemain tengah Sidik Saimima.

Langsung terjadi perubahan denan masuknya Kushedya. Namun PSS masih tetap kesulitana membongkar disiplinnya pertahanan Borneo FC.  Justru, dalam serangan cepat dari sektor kiri pada menit ke-63, Borneo behasil menjebol kembali gawang PSS melalui Matias Conti. namun, gol dianulir karena hakim garis mengangkat bendera kuning, Conti dinilai sudah ofside.

Giliran PSS yang mendapat peluang sangat bagus pada menit 66. Tendangan  keras Yevhen Bokhashvili dari luar kotak pinalti derah mengarah gawang Borneo. Namun, bola berhasil ditip dan bole sedikit berbelok menghantam mistar gawang.

Dewi Fortuna (Dewi keberuntungan) malam ini tampaknya menjauh dari PSS. Pada menit 87, satu sundulan cepat dilepaskan Jajang Sukmara. Namun, lagi-lagi bola menghantam mistar gawang.

PSS pun gagal menebus defisit satu gol, sehingga skor 0-1 tak berubah, poin penuh dibawa pulang oleh tim tamu Borneo FC. (win)