Wednesday, 11 December 2019

Yuni Shara Terkenang Masa Tinggal di Rumah Sempit

Kamis, 21 November 2019 — 8:44 WIB
Yuni Shara. (mia)

Yuni Shara. (mia)

ARTIS Yuni Shara pernah merasakan hidup susah bersama sang bunda Rochma Widadiningsih dan sang adik Krisdayanti, saat dirinya belum menjadi penyanyi terkenal seperti saat ini.  Yuni berterus terang jika keluarganya pernah tinggal di rumah sempit.

“Aku dulu tinggal di gang pas awal-awal tinggal di Jakarta. Tinggal di gang sempit, nggak ada ruang tamu dan hidup pas-pasan,” kenang Yuni Shara.

Dengan tarif sekitar Rp 65 juta sekali manggung, tapi juga sukses terjun di bisnis batubara,  kontruksi dan kuliner food truck serta fashion,  kini pemilik nama Wahyu Setyaning Budi ini menghuni rumah megah dengan perabotan mewah dan lega.

Meski demikian, dalam 20 tahun perjalanan berkarya di panggung dan industri musik, tak membuat Yuni Shara lupa pada masa masa hidup dalam keterbatasan. Bagaimana ia tinggal bersama keluarganya di sebuah gang di kawasan Tebet Dalam, Jakarta Selatan.

“Tempat tidur gitu yang harus desak-desakan sama Mama dan Yanti (Krisdayanti), aku bagian bawah yang bangun tidur ketendang, “ kenangnya. “Itu bagian dari proses sebelum kita hidup enak seperti sekarang,” jelas ibu dua orang anak ini.

Yuni menceritakan selama meniti karir dari bawah, ia tak memiliki pembantu rumah tangga.  “Aku ngepel sendiri, nyuci baju, piring, beres-beres rumah, masak dan lain sebagainya dikerjakan sendiri,” ucapnya.

Yuni Shara, kelahiran Malang, 3 Juni 1972, mengatakan sang bunda, Rochma Widadiningsih, mendidik keras dirinya agar menjadi wanita yang mampu mengerjakan urusan rumah tangga dan bersikap disiplin

“Beras tidak boleh habis, dan masih banyak aturan lain yang hingga saat ini kami lakukan,” lanjut Yuni Shara.

Atas didikan keras ibunya semasa kecil, kebiasaan itu terbawa sampai Yuni Shara hingga dewasa. “Kemandirian dan disiplin itu hingga sekarang masih diterapkan sama saya,” ucap pelantun lagu lawas ‘Mengapa Tiada Maaf’.

Artis 47 tahun ini mengatakan memiliki kisi-kisi kehidupan yang selalu ia lakukan dalam hidupnya. “Saya selalu ingat pesan Mama, katanya kita nggak boleh sombong, harus sering bersyukur dan berbagi bersama orang-orang yang membutuhkan,” tandas Yuni Shara.

Yuni menikah dengan Raymond Manthey pada tahun 1993 dan hanya bertahan beberapa bulan saja, lalu ia menikah dengan pengusaha Henry Siahaan, duda beranak 2 dan bercerai pada 17 Juni 2008.

Setelah Yuni menyandang status janda untuk yang kedua kali, Yuni pernah digosipkan nikah siri dengan salah satu anggota legislatif. Namun berita ini tak terbukti kebenarannya.

Kemudian Yuni pernah dekat dengan presenter muda, Raffi Ahmad, yang lebih muda 15 tahun daripada Yuni, namun akhirnya hubungan ini kandas. Sejak itu dua anaknya yang sudah mulai besar, Cavin dan Cello  melarangnya menjalin hubungan asmara dengan pria lain, karena takut Mama mereka dikecewakan. (mia/d)