Thursday, 12 December 2019

Bantaran Kali Sunter Penuh Kandang Ayam dan Lapak Liar

Kamis, 21 November 2019 — 19:45 WIB
penertiban lapak dan bangunan liar di sepanjang bantaran kali Sunter, Pulugadung. (Ifand)

penertiban lapak dan bangunan liar di sepanjang bantaran kali Sunter, Pulugadung. (Ifand)

JAKARTA –  Dalam upaya mengembalikan fungsi lahan di sepanjang bantaran kali Sunter, Pulugadung, Jakarta Timur, petugas gabungan melakukan penertiban bangunan di area tersebut, Kamis (21/11/2019). Di sana terdapat  kandang ayam, tumpukan kayu, gerobhak rusak, hingga lapak liar dibersihkan petugas dari lahan yang seharusnya hijau.

Lurah Jati Santi Nur Rifiandini mengatakan, penertiban yang dilakukan itu agak kondisi bantaran kali Sunter semakin baik. Pasalnya, sebelum dilakukan pembersihan, lahan yang ada dimanfaatkan warga untuk dijadikan berbagai tempat. “Ada kandang ayam, tumpukan kayu, hingga lapak-lapak, makanya kami tertibkan,” katanya, Kamis (21/11/2019).

Selain tumpukan kayu dan kandang ayam, kata Santi, di lokasi juga ditemukan gerobak motor rusak yang sengaja dibiarkan teronggok. Kendaraan tak bertuan itu pun langsung diamankan petugas. “Untuk kayu dan lapak-lapak lainnya terhitung mencapai 4 truk yang kami bersihkan,” ujarnya.

Sebelum melakukan penertiban, sambung Santi, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada warga. Namun hingga batas akhir peringatan, warga pun tak menghiraukan dan masih membiarkan lapak-lapak berjejer di bantaran kali Sunter. “Makanya hari ini kami langsung tertibkan dan tak ada penolakan dari warga sekitar,” tuturnya.

Dikatakan Santi, atas keberadaan lapak hingga kandang unggas itu, membuat kondisi bantaran kali terlihat kumuh. Karena itu, dengan penertiban yang dilakukan diharapkan bisa mengembalikan fungsi lahan yang ada. “Karena kalau nantinya dijadikan lahan subur, selain bermanfaat juga bisa menghasilkan sayur mayur,” ungkapnya.

Usai melakukan penertiban dan pembersihan, Santi mengaku akan memasang plang dan spanduk di sepanjang lokasi. Spanduk bertuliskan perda nomor 8 tahun 2009 tentang ketertiban umum pun dibentangkan untuk menjadi peringatan bagi warga. “Nanti anggota PPSU juga akan ikut membantu menata kawasan ini agar semakin hijau,” pungkasnya. (Ifand/win)