Tuesday, 10 December 2019

Anda Berdarah Indonesia, No!

Sabtu, 30 November 2019 — 8:45 WIB
orang indonesia

AGNEZ MO, mengaku tidak berdarah Indonesia. Kenapa dia? Malukah, jadi orang Indonesia? Hemm, nggak tahu deh. Tapi, bolehlah kita sebagai warga negara, silakan mau mencaci atau mau memuji, pada penyanyi yang makan minum, sejak piyek di negeri ini menjadi congkak.

Apa dia piker orang yang berdarah Indonesa pada bodoh apa? Ngaklah yauw. Banyak kan orang kita yang berkiprah di dunia internasional, ada artis Anggun C  Sasmi berdarah Jawa, dia malang meilintang di luar negeri, Eko Uwais, berkiprak di Hollywood dan banyak lagi lah artis dan para cendikiawan, tapi enjoy enjoy aja jadi Indonesia? Habibie berdarah Sulawesi,bisa bikin kapal terbang, dan di Jerman sangat dipuji, namun setia sampai mati, jadi Indonesia!

O, iya, sebelum ngelantur, apa sih yang disebut berdarah Indonesia, atau bukan Indonesia asli gitu ya? Ya, menurut sejarah Indonesia memang punya kakek moyang dari mana-mana. China, Eropa, Amerika, Arab, Jepang. Afrika. Tapi itu semua memang katanya datang belakangan, jadi ada orang yang disebut pribumi sudah ratusan tahun menempati Nusantara. Maka inilah mereka yang kemudian menyebut dirinya sebagai pribumi. Akulah Idonesia, kata mereka.

Nah, maka lahirlah berbagai suku di Nusantara  yang menyebut dirinya sebagai suku Batak, Ambon, Dayak Kalimantan,Bugis Sulawesi, Toraja, Betawi yang ada di Jabodetabek, Baduy ,suku Madura, Papua, dan banyak lagi suku di wilayah Timur. Nah, belakangan malah sudah  bertambah suku, yakni ’suku campuran’ jadi nggak lagi seratus persen asli, karena terjadinya perkawian campuran. Jadi mana yang berdarah Indonesia?

Untung kita masih punya sejarah seperti lagu Indoesia Raya, yang dalam syair meyebut, ‘Indonesia tanah air ku, tanah tumpah darahku’. Ini yang bikin syair luar biasa jeniusnya, padahal ini syair lagu dibuat  jauh sebelum Indonesia merdeka, bahwa semua warga yang hidup di Nusantara ya, Indonesia. Tentu saja, semua ketentuan berlaku. Misalnya, punya indentitas lengkap sebagai WNI. Kalau nggak punya ya, jangan ngaku ngakulah.

Karena sekarang ini saja, kita sedang dibikin pusing karena banyak banget warga asing gelap yang datang di negeri tercinta ini. Ya, diantaranya dari China. Mereka berbondong ke sini bekerja sebagai apa saja. Termasuk pelacur, dan pekerja kasar. Padahal yang menganggur disini seabrek-abrek.

Jadi ya, sebenarnya banyak age oranguang kepingn jadi Indonesia. Buktinya banyak orang dengan susah payah termasuk memalsukan dirinya. Atau dengan diam-diam, padahal surat boleh tinggalnya sudah habis waktunya. Ya, banyak yang bilang Indonesia itu surga tahu? Maju apa saja gampang disini, termasuk bikin kejahatan. Banyak kan orang asing yang melakukan penipuan melaui intrernet, termasuk jual narkoba?

Nah, sekarang kalau ditanya sebagian warga jika neng Agnes Mo, mau hengkang dari Indonesia? Apa jawabnya? Tahu nggak kata orang Jawa, Indonesia nggak bakalan ‘borok patekan’. Silakan. Jadi kalau sudah begitu, ketika anda ditanya; apakah kamu ‘berdarah Indonesia? Oh, No! Keren kan? (massoes)