Friday, 13 December 2019

Groundbreaking Hunian DP 0 Rupiah, Anies Minta Warga Mulai Menabung

Kamis, 12 Desember 2019 — 12:31 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan saat Groundbreaking Hunian DP 0 Rupiah Nuansa Cilangkap. (ist)

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan saat Groundbreaking Hunian DP 0 Rupiah Nuansa Cilangkap. (ist)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, meletakkan batu pertama atau Ground breaking Hunian Down Payment (DP) 0 rupiah Nuansa Cilangkap di Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (12/12/2019).

“Alhamdulillah kita bersyukur pada pagi hari ini hadir pada acara ground breaking program DP nol rupiah Nuansa di Cilangkap,” kata Anies.

Hunian Nuansa Cilangkap adalah hunian kedua yang dibangun Pemprov DKI melui pihak ketiga. Program “DP 0 Rupiah” yang pertama dibangun di Kelapa Village, Jakarta Timur. Menurut Anies, program ini sebagai jawaban masyarakat yang tidak ingin memiliki rumah tetapi terkendala DP.

Disampaikan Anies, program DP nol rupiah yang dibangun merupakan fasilitas perumahan yang sehat dan mencerdaskan. Karena dilengkapi fasilitas bermain, fasilitas belajar, dan fasilitas berinteraksi.

Anies memberi target 18 bulan kepada PD. Sarana Jaya dan PT. Totalindo Eka Persada dalam pembangunan Nuansa Cilangkap, dengan memberikan update terbuka agar bisa dipantau masyarakat. Pembangunan juga diharapkan cepat dengan biaya murah namun tetap memperhatikan keamanan dan kualitas bangunan.

Orang nomor satu di lingkungan Pemprov DKI ini meminta kepada masyarakat yang berminat untuk mulai menabung. Agar bisa dijadikan syarat mendaftar hunian DP 0 rupiah tersebut. “Kalau buku tabungannya aman, nanti bapak ibu bisa dapat DP Nol rupiah. Jadi mulai nabung,” ujar Anies.

Sementara Direktur Utama PD. Sarana Jaya, Yoori C Pinontoan, menjelaskan hunian Nuansa Cilangkap dibangun diatas lahan kurang lebih 2,9 hektar yang akan memiliki empat tower. Ditargetkan akan selesai dalam dua tahun, atau pada kuartal ke-III 2021.

“Saat ini satu tower sebanyak 850 unit dengan ketinggian 24 lantai dan dua tipe hunian, yaitu tipe studio dan dua kamar, diperuntukkan bagi program DP nol rupiah dengan nama Menara Samawa Cilangkap,” ujar dia.

Dia tambahkan, PD. Sarana Jaya pada 2019 telah bergabung menjadi anggota United Nation Global Compact melalui Indonesia Global Compact Network atau IGCN, yaitu organisasi yang berkomitmen untuk mendorong praktik-praktik bisnis yang sesuai dengan SDGs.

“Dengan demikian, pembangunan hunian Nuansa Cilangkap ini tidak hanya memberikan pengaruh dari segi visualisasi pembangunan, namun juga dapat berpengaruh positif terhadap kawasan dari berbagai aspek, seperti perekonomian, pendidikan, kesehatan, sosial, lingkungan, dan keselamatan hunian,” tandas Yoori. (yendhi/mb)