Friday, 15 November 2019

Persib Keok di Kandang PSM, Wiljan Pluim Cetak Brace

Minggu, 18 Agustus 2019 — 21:35 WIB
Persib vs PSM Makassar. (Foto: persib.co.id)

Persib vs PSM Makassar. (Foto: persib.co.id)

MAKASSAR – Persib Bandung kembali meraih hasil buruk pada laga lanjutan Liga 1 2019, Minggu (18/8/2019) petang. Bertandang ke markas PSM Makassar, Maung Bandung, julukan Persib, tumbang 1-3.

Gelandang serang PSM, Wiljan Pluim menjadi momok bagi Persib lantaran dua kali berhasil merobek gawang yang dijaga kiper I Made Wirawan (43’) dan (47’). Satu gol lainnya milik Juku Eja, julukan PSM, dibuat oleh Zulham Zamrun (44’).

Sementara, Persib hanya berhasil mencetak satu gol hiburan lewat Ezechiel N’Douassel (49’). Kekalahan ini juga menambah catatan buruk bagi Persib setelah pekan lalu juga gagal memetik angka.

Alhasil posisi Persib masih terpuruk di baris 11 klasemen dengan poin 15 dari 15 pertandingan. Sementara, PSM Makassar yang baru bermain 10 laga, sementara ini menempati peringkat 7 dengan kemasan 19 poin.

Pertandingan berlangsung di Stadion Andi Mattalata, Matoangin, Makassar itu berlangsung sengit. Kedua tim saling menyerang sejak awal laga.

PSM langsung mengancam saat pertandingan baru berjalan 4 menit, Tendangan bebas dilesakkan Pluim meluncur kencang dan melengkung ke pojok kiri gawang Persib. Namun masih bisa ditepis kiper I Made Wirawan.

Selang sembilan menit kemudian tim tuan rumah kembali memperoleh peluang yang berasal dari tendangan bebas. Marck Klok mampu menyambar bola sepakan bebas dari Pluim, namun kembali masih bisa diselamatkan Made Wirawan.

Persib pun bukan tanpa peluang. Serangan yang mereka bangun sempat berpeluang menuai hasil pada menit ke-14. Namun gagal setelah tembakan Ezechiel N’Douassel masih bisa ditepis kiper PSM, Rivki Mokodompit.

Tiga menit berselang, Ezechiel kembali memberikan ancaman. Kali ini ia menyundul bola umpan dari Febri Hariyadi yang datang dari sisi kiri pertahanan PSM.

Namun bola sundulannya itu membentur Abdul Rahman hingga kemudian menjadi liar dan coba disambar Esteban Vizcarra dengan tendangan salto.

Upaya Esteban itu malah berbuah pelanggaran dan kartu kuning. Itu karena saat melakukan tendangan salto, kaki Esteban mengenai wajah Klok yang saat bersamaan mencoba menyundul bola.

Petaka bagi Persib kemudian datang pada menit ke-43 setelah tendangan Pluim dari luar kotak gagal dihalau Made. Suporter tuan rumah lantas bersorak sorai menyambut gol pembuka yang ditunggu-tunggu itu. 1-0 untuk PSM Makassar.

Tak butuh waktu lama, skuat asuhan Darije Kalezic itu berhasil menggandakan keunggulan. Zulham Zamrun melepaskan tembakan dari sudut kiri kotak penalti.

Bola kemudian mengarah ke pojok kanan gawang Persib dan gagal diamankan Made. Skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah ini bertahan hingga jeda.

Babak kedua, PSM langsung menggempur pertahanan Persib. Hasilnya, Pluim kembali memperbesar keunggulan menjadi 3-0. Gol itu dicetak Pluim dengan tedangan lambungnya dari luar kotak penalti.

Tertinggal tiga gol, Persib tak langsung menyerah. Pasukan Robert Rene Alberts ini  berhasil memperkecil kedudukan menjadi 3-1 pada menit ke-49.

Memanfaatkan tendangan bebas Supriadi, Ezechiel berhasil meneruskannya menjadi gol melalui sundulan yang gagal diantisipasi Rivki. Skor tersebut bertahan hingga laga bubar. (*/ys)

Susunan Pemain

PSM Makassar: 20-Rivky Mokodompit; 28-Abdul Rahman, 15-Hasyim Kipuw, 32-Beny Wahyudi, 2-Aaron Evans; 7-Zulham Zamrun, 19-Rizky Pellu, 80-Wiljan Pluim (48-M Arfan 90+3′), 10-Marc Klok; 6-Ferdinan Sinaga (9-Eero Markkanen 83′), 11-M. Rahmat (24-Rizky Eka 89′). Pelatih: Darije Kalezic

Persib Bandung: 78-I Made Wirawan; 22-Supardi, 16-Achmad Jufriyanto, 3-Ardi Idrus, 4-Bojan Malisic; 24-Hariono (11-Dedi Kusnandar 60′), 9-Esteban Vizcarra, 77-Ghozali Sireger (93-Erwin Ramdani 74′), 8-Abdul Aziz, 13-Febri Hariyadi; 10-Ezechiel Ndouasel. Pelatih: Robert Rene Alberts