Thursday, 12 December 2019

Kota Serang Porak Poranda Diterjang Hujan Angin

Rabu, 13 November 2019 — 15:46 WIB
Sejumlah kendaraan di pusat pemerintahan provinsi banten hancur tertimpa pohon saat kota serang dilanda hujan angin. (ist)

Sejumlah kendaraan di pusat pemerintahan provinsi banten hancur tertimpa pohon saat kota serang dilanda hujan angin. (ist)

SERANG – Hujan disertai angin kencang yang melanda Kota Serang dan sekitarnya merusak sejumlah fasilitas gedung Pemerintah Provinsi Banten, (13/11/2019). Akibatnya, sejumlah gedung organisasi pemerintah daerah (OPD) di lingkungan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten rusak.

Tak hanya itu, hujan disertai angin kencang juga merusak sejumlah fasilitas umum lainnya di Kota Serang. Kerusakan fasilitas meliputi ambruknya plafon bangunan, kanopi area parkir rusak diterjang angin, pohon tumbang hingga tower pemancar ambruk. Plafon ambruk terjadi di salah satu ruang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten.

Kanopi di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang rusak. Selain itu, atap plafon lantai 3 gedung Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten juga rusak. Selain itu, kanopi di area parkir Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Banten juga ambruk menimpa beberapa kendaraan. Tower milik Dishubkominfo ambruk diterjang angin.

Di bagian lain, pohon ambruk menimpa kendaraan pegawai. Etalase kaca penyekat gedung Dinas Kesehatan Banten juga ambruk diterjang angin kencang. Material kaca penyekat beberapa pecah karena membentur lantai.

“Anginnya kenceng banget tadi. Kebetulan etalase dari kaca, nggak kuat nahan angin jadi ambruk,” kata salah satu pegawai di Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

Pantauan di lokasi, para pegawai langsung membersihkan material bangunan yang rusak. Air yang masuk ke dalam gedung juga mulai didorong keluar menggunakan alat kebersihan. Instalasi kelistrikan yang ada di beberapa gedung dimatikan sementara.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kominfo) Provinsi Banten, Komari menjelaskan, hujan deras di sekitar KP3B terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Pada awalnya, tanda-tanda hujan deras sudah terlihat sejak 12.30 WIB berupa cuaca mendung dan gemuruh angin disertai kilat. Selanjutnya, sekitar pukul 13.00 WIB terjadi hujan lebat diserati angin kencang.

“Akibatnya, pohon-pohon,beberapa mobil, kaca gedung, tiang listrik, baliho, dan tiang antene rubuh,” kata Komari.

Sesaat setelah hujan reda sekitar pukul 14.00, Komari meninjau gedung-gedung Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Arean KP3B mengatakan, hampir di setiap gedung OPD terdapat pohon tumbang yang menimpa pagar, areal parkir atau  gedung. Di gedung Dinas Perhubungan dan Dinas Kominfo terdapat antene tumbang. (haryono/mb)