Friday, 13 December 2019

Jaksel Show Of Force SDM dan Peralatan Hadapi Musim Penghujan

Selasa, 12 November 2019 — 2:08 WIB
Apel persiapan menghadapi musim hujan. (wandi)

Apel persiapan menghadapi musim hujan. (wandi)

JAKARTA  – Menghadapi musim hujan seluruh personel di wilayah Jakarta Selatan, Pemkot Jakarta Selatan siap menghadapinya. Ini terbukti saat  show of force (pamer kekuatan) ratusan petugas gabungan menggelar apel siaga di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Senin (11/11).

Apel siaga menghadapi musim hujan ini pimpin langsung oleh Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali. Dalam pesannya, para personel mulai dari Suku Dinas Sumber Daya Air, Kehutanan, Bina Marga, Sosial, Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Perindustrian dan Energi, Kesehatan, Satpol PP, Perhubungan Jakarta Selatan, serta PPSU, harus saling bekerja sama dan saling bahu membahu di musim penghujan ini.

“Hari ini juga dipamerkan beberapa peralatan yang kita miliki, dipamerkan juga SDM (Sumber Daya Manusia) yang kita miliki. Mudah-mudahan petugas, peralatan, dan juga mekanisme yang ada sudah terjalin dengan baik,” ujar Marullah Matali.

Menurutnya, dengan adanya sinkronisasi yang baik antar petugas dan komponen, apabila sesuatu yang negatif terjadi di Jakarta Selatan, maka akan bisa diatasi secara bersama-sama.

“Misalnya SDA. Tadi ada mesin yang bisa menyedot dan menyemprotkan air supaya sedimen-sedimen yang mungkin menahun dan agak keras, bisa diselesaikan dengan baik. Kemudian Kehutanan juga menunjukan beberapa petugas yang terampil dalam memotong ranting-ranting pohon,” imbuhnya.

Walikota juga mengundang semua komponen masyarakat. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan masukan-masukan kepada pemerintah terkait dengan persiapan di musim penghujan. Apabila ada saluran yang mampet, bisa langsung dilaporkan sehingga bisa diselesaikan dengan cepat.

Selain itu Marullah juga minta kepada Camat dan Lurah untuk terus mengajak masyarakat bersama-sama menggelar kerjabakti masal. Sasaran dalam kegiatan ini fokuskan kepada saluran yang penuh lumpur dan sampah.

“Kami minta Camat dan Lurah secara rutin gelar kerjabakti membersihkan wilayah terutama saluran jangan sampah penuh dengan sampah dan lumpur. Ini tentu akan menimbulkan dampak banjir,” pinta Marullah. (wandi/win)