Saturday, 14 December 2019

Bohemian Style, Vivi Zubedi Gandeng Perajin Banjarbaru

Minggu, 17 November 2019 — 7:01 WIB
Sumber: Instagram @vivizubedi

Sumber: Instagram @vivizubedi

JAKARTA – Desainer Vivi Zubedi membuat gebrakan baru dengan menciptakan tas anyaman purun dengan sentuhan Bohemian style. Dia juga sengaja menggandeng perajin purun di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. 

Vivi Zubedi sengaja menggunakan purun (Lepironia Articulata),tanaman sejenis rumput yang banyak ditemukan di rawa-rawa atau tanah payau. Dia membuat tas anyaman yang cantik dan hasilnya elegan. 

Vivi Zubedi mengatakan, kerajinan purun merupakan salah satu komoditas industri kreatif khas Banjarbaru. Harganya terbilang mahal di kancah internasional. 

“Purun ini terkenal sekali dan harganya mahal.Sementara di Indonesia belum ada yang look up, termasuk di Banjarbaru. Mereka masih menamakan ini bakul. Kalau di luar negeri tas ini it’s really fashion,” kata Vivi Zubedi di JCC Senayan, Jakarta Pusat, kemarin. 

Vivi Zubedi menyebutkan, tas purun di Banjarbaru biasa dipakai untuk berbelanja ke pasar, sebagai tempat sayuran atau membawa ikan hasil memancing. Di tangan profesional Vivi Zubedi, tas purun dirancang dengan nuansa Bohemian style. Cerminan Boho chic nampak pada elemen warna-warni eklektik yang semarak.

Misalnya penggunaan pompom, renda, potongan cermin, manik-manik,hingga patch berwarna off-white dari rough material. Semuanya berpadu dengan nilai kearifan lokal Urang Banjar. Lewat The Purun Label,Vivi Zubedi memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia. Dia juga mengusung tema ethical dan sustainable fashion sesuai kampanye fashion dunia saat ini. (mia/d)