Monday, 09 December 2019

Leonardo DiCaprio Dituding sebagai Dalang Kebakaran Hutan Amazon

Senin, 2 Desember 2019 — 15:11 WIB
Leonardo DiCaprio. (reuters)

Leonardo DiCaprio. (reuters)

BRASIL – Tiba-tiba saja Presiden Brasil, Jair Bolsonaro menuding aktor Leonardo DiCaprio sebagai penyebab kebakaran hutan Amazon. Bukan hanya sekali Jair Bolsonaro menunjuk bintang film ‘Titanic’ tersebut sebagai dalang rusaknya alam Brasil.

“Leonardo DiCaprio yang keren ini, kan? Memberikan uang agar Amazon terbakar,” ujar sang presiden.

Sebelumnya, Bolsonaro juga menyebut Leo merupakan bagian dari kampanye internasional melawan Brasil.

Kebakarran besar melanda hutan Amzon sejak Agustus lalu. Parahnya kebakaran yang terjadi, membuat bencana ini menarik perhatian dunia internasional.

 

Tuduhan terhadap Leo ini mumcul setelah tertangkapnya empat petugas kebakaran sukarela, yang dituduh membakar sebagian hutan. Mereka diduga ada hubungan dengan organisasi yang di dalamnya terdapat Leonardo DiCaprio.

Tak tinggal diam, Leo memberikan klarifikasi. Melalui akun Instagram miliknya, ia membantah dengan tegas tudingan tersebut..

“Pada masa krisis Amazon ini, aku mendukung orang-orang Brasil yang bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka. Mereka adalah contoh yang luar biasa, menggerakkan dan merendahkan komitmen dan semangat yang dibutuhkan untuk menyelamatkan lingkungan,” tulisnya.

“Masa depan ekosistem yang tak tergantikan ini dipertaruhkan dan aku bangga berdiri bersama kelompok-kelompok yang melindunginya. Meskipun layak mendapat dukungan, kami tidak mendanai organisasi yang ditargetkan.”

“Aku tetap berkomitmen untuk mendukung masyarakat adat Brasil, pemerintah daerah, ilmuwan, pendidik, dan masyarakat umum yang bekerja tanpa lelah untuk mengamankan Amazon demi masa depan semua warga Brasil,” pungkasnya. (*/mb)