Tuesday, 12 November 2019

4 Oknum Polisi yang Terlibat Penculikan WNA Inggris Sudah Ditahan

Jumat, 8 November 2019 — 13:39 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (7/11/2019).(firda)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (7/11/2019).(firda)

JAKARTA – Empat  anggota polisi yang diduga terlibat dalam penculikan dan penyekapan warga negara asing (WNA) Inggris, bernama Matthew Simon Craib, telah mendekam di rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

Penahanan itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. “Tentunya kan anggota (polisi) dan warga sipil sudah kita lakukan penahanan dan semuanya akan kita proses. Kita tunggu saja bagaimana proses tersebut,” ujar Argo ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (8/11/2019).

Namun ia masih enggan menjelaskan secara detail motif dari penculikan tersebut.

“Nanti kita sampaikan semuanya,” pungkas Argo.

Sebelumnya diketahui, ada enam orang yang diduga terlibat kasus penculikan terhadap WNA asal Inggris. Empat di antaranya merupakan anggota polisi.

Kadiv Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, empat anggota yang diduga terlibat itu terancam dipecat tidak dengan hormat (PTDH).

Menurutnya, keempat anggota itu akan menjalani proses hukum pidana umum dan dilanjutkan dengan sidang disiplin.

Pengungkapan kasus penculikan dan penyekapan itu berawal dari laporan yang terdaftar dalam nomor LP/7002/X/2019/PMJ/Dit. Reskrimum tertanggal 31 Oktober 2019. Dengan pelapor, rekan Matthew yang bernama Vitri Lugvianty. (firda/tri)